Usaha Produksi Bakso UD. Koranda Food, Deli Serdang, Sumut, Diduga Tidak Memiliki Izin.

INDONESIASATU.CO.ID:

Medan

Usaha Produksi Bakso UD. Koranda Food, Deli Serdang Sumatera Utara yang beroperasi cukup lama diduga belum memiliki izin dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPP LI-TPK ANRI (Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Investigasi Tindak Pidana Korupsi Aparatur Negara Republik Indonesia), Bambang S, SH didampingi Ketua LKLH Sumatera Utara, Indra Mingka kepada wartawan pada hari Minggu (26/05/2019), bahwa Berdasarkan Surat No. 503/0946/DPMPPTSP-DS/2019, tanggal 23 Mei 2019 menerangkan usaha produksi bakso UD. Koranda Food belum memiliki izin sama sekali.

Lebih lanjut Bambang S, SH mengatakan, Tim DPP LI-TPK ANRI dan LKLH Sumut, pada hari Sabtu (25/05/2019) terjun ke lokasi di Pasar 12 Dusun VII Desa Kota Rantang, Deli Serdang, Sumatera Utara untuk memastikan keberadaan usaha tersebut, sekira pukul 13.00 Wib tim berkunjung dan tiba lokasi UD. Koranda Food, namun sebelum menuju ke lokasi pembuatan bakso tersebut terlebih dahulu tim ke rumah kades Kota Rantang untuk menanyakan informasi keberadaan usaha bakso itu sekaligus mohon izin.

Namun Kades sedang berada di Kuala Namu sedang mengikuti kegiatan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua LKLH Sumut Indra Mingka menghubungi kades Kota Rantang, Pak Ngatino via telephone, menanyakan perizinan usaha bakso UD. Koranda, dan Kades menjawab ada, tapi sudah lama, hal perpanjangan tak tahu.

Selanjutnya, tim berhasil menemui Budi pengusaha bakso, bertujuan untuk melakukan klarifikasi.

Ketua DPP LI-TPK ANRI (Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Investigasi Tindak Pidana Korupsi Aparatur Negara Republik Indonesia), Bambang S, SH menanyakan izin usaha yang dimiliki Budi, lalu Budi menjawab bahwa usahanya punya izin, namun Budi tak menunjukkan dokumen pada tim.

Ketika tim mencoba meminta copyan izin usaha baksonya, Budi tak bersedia menunjukkannya.

Ketika tim menunjukkan surat dari DPMTPPSP Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara yang menerangkan bahwa usahanya belum memiliki izin, beliau tidak bergeming dan masih tetap bertahan bahwa usahanya punya Akta Pendirian dan Serfifikat Halal.

Usahanya juga sering diperiksa dari Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang, kata Budi.

Terlihat jemari tangan Budi ngotak atik hpnya. Budi, sang pengusaha sempat "emosi" dan mengatakan, "abangku akan datang, bicara sama dia aja."

Berselang setengah jam kemudian, tibalah 4 orang ke rumah Budi dan menghampiri tim yang duduk di teras di depan rumah pengusaha bakso itu.

Seseorang mendatangi kami sambil menyalami dan berkata, "Saya Agus, Kanit Tipikor Polres."

Agus sempat mengatakan bahwa tim tak bisa melakukan penyidikan, dan tim menjawab bahwa kehadiran tim bukan melakukan penyidikan tapi melakukan klarifikasi hal perizinan usaha pak Budi, dan tim menunjukkan surat dari DPMTPPSP Deli Serdang.

"Kalau kalian mau copyan perizinan silakan minta aja di dinas sana tentu ada copyan tinggal disana", ujar Agus.

Tim permisi dan meninggalkan lokasi usaha tersebut, untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Medan dan berencana akan melaporkan ke Ditkrimsus Polda Sumut, pada hari Senin (27/05/2019) yang akan datang. Edward Banjarnahor

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita